Kode Kendaraan Motor / Mobil di Seluruh Indonesia

Kode Kendaraan Motor / Mobil di Seluruh Indonesia

Plat nomor adalah salah satu jenis identifikasi kendaraan bermotor. Plat nomor juga disebut plat registrasi kendaraan, atau di Amerika Serikat dikenal sebagai plat izin (license plate). Bentuknya berupa potongan plat logam atau plastik yang dipasang pada kendaraan bermotor sebagai identifikasi resmi. Biasanya plat nomor jumlahnya sepasang, untuk dipasang di depan dan belakang kendaraan. Namun ada jurisdiksi tertentu atau jenis kendaraan tertentu yang hanya membutuhkan satu plat nomor, biasanya untuk dipasang di bagian belakang. 

BacaJuga "Cara Membuat Widget Berlangganan Dengan Flat UI Style"

Plat nomor memiliki nomor seri yakni susunan huruf dan angka yang dikhususkan bagi kendaraan tersebut. Nomor ini di Indonesia disebut nomor polisi, dan biasa dipadukan dengan informasi lain mengenai kendaraan bersangkutan, seperti warna, merk, model, tahun pembuatan, nomor identifikasi kendaraan atau VIN dan tentu saja nama dan alamat pemilikinya. Semua data ini juga tertera dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau STNK yang merupakan surat bukti bahwa nomor polisi itu memang ditetapkan bagi kendaraan tersebut.

Jika Anda penasaran juga, silakan simak Daftar Plat Nomor Kendaraan Seluruh Indonesia dan Khusus Delegasi di bawah ini.

NoTandaKeteranganNoTandaKeterangan
1.ABanten31.DAKalimantan Selatan
2.AAKedu32.DBMinahasa
3.ABDaerah Istimewa Yogyakarta33.DDSulawesi Selatan
4.ADSurakarta34.DGMaluku Utara
5.AEMadiun35.DKBali
6.AGKediri36.DLSangihe Talaud
7.BDaerah Khusus Ibukota Jakarta37.DMSulawesi Tenggara
8.BASumatera Barat38.DNSulawesi Tengah
9.BBSumatera Utara39.DRLombok
10.BDBengkulu40.DSIrian jaya (Papua)
11.BELampung41.ECirebon
12.BGSumatera Selatan42.EASumbawa
13.BHJambi43.EBFlores
14.BKSumatera Utara44.EDSumba
15.BLDaerah Istimewa Aceh45FBogor
16.BMRiau46.GPekalongan
17.BNBangka47.HSemarang
18.ADSurakarta48.KPati
19.AEMadiun49.KBKalimantan Barat
20.AGKediri50.KHKalimantan Tengah
21.BASumatera Barat51.KTKalimantan Timur
22.BBTapanuli52.LSurabaya
23.BELampung53.MMadura
24.BGSumatera Selatan54.NMalang
25.BHJambi55.PBesuki
26.BKSumatera Utara56.RBanyumas
27.BLDaerah Istimewa Aceh57.SBojonegoro
28.BMRiau58.TPurwakarta
29.BNBangka59.WArea Surabaya
30.DBandung60.ZTimur Bandung

Plat nomor usianya hampir sama dengan mobil, dan muncul saat periode awal transisi dari kendaraan berkuda yakni antara 1890 hingga 1910. Negara bagian New York di Amerika Serikat mengharuskan penggunaan plat nomor sejak tahun 1901. Awalnya plat nomor tidak dikeluarkan pemerintah, dan di banyak wilayah Amerika, para para pengendara diharuskan membuat plat nomor sendiri. 

Negara bagian Massachusetts dan West Virginia adalah yang pertama menerbitkan plat nomor pada tahun 1903. Plat nomor awal dibuat dari porselin yang dibakar menjadi besi, atau keramik biasa yang tidak dibakar, sehingga mudah pecah dan tidak praktis. Bahan-bahan plat nomor yang kemudian termasuk karton, kulit, plastik, bahkan juga tembaga dan kedele.

Plat nomor awal memiliki bermacam bentuk dan ukuran, sehingga kalau dipindahkan antar kendaraan harus dibuat lobang baru untuk memasukkan baut ke bumper. Standarisasi plat nomor baru dimulai tahun 1957 saat pabrik mobil sepakat dengan berbagai pemerintahan dan organisasi standar internasional. 

Itulah tadi artikel mengenai Kode Plat Motor / Mobil di Seluruh Indonesia semoga dapat bermanfaat guna menambah wawasan kita semua.

0 comments:

Post a Comment