Inilah Jadwal Kegiatan Pendaftaran SNMPTN 2016, Siapkan Dirimu !!!

Inilah Jadwal Kegiatan Pendaftaran SNMPTN 2016, Siapkan Dirimu !!!

Tahapan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 akan dimulai 13 Februari 2016. Tahapan ini berupa pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh kepala sekolah.

Baca Juga : Anime Ini Memiliki Sound Track Adzan, Apa Tanggapan Anda Sebagai Seorang Muslim ?

Menurut jadwal kegiatan yang terdapat di website resmi SNMPTN di www.snmptn.ac.id tertulis kegiatan pendaftaran SNMPTN hingga proses daftar ulang di tiap PTN berlangsung dari tanggal 13 Februari sampai dengan pada tanggal 9 Juni.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh para siswa pendaftar SNMPTN juga telah disebutkan disana. Persyaratan nya tidak terlalu banyak, akan tetapi dibagi menjadi dua syarat yakni :


  1. Persyaratan Sekolah

    • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
    • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

  2. Persyaratan Siswa Pelamar

    • Akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya
    • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
    • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

Seperti kita ketahui, syarat diatas merupakan aturan yang harus diikuti untuk bisa mendafatar untuk menjadi calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat SNMPTN.

Catatan khusus Untuk siswa pelamar program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang bersangkutan. Sebagai akhir proses pendaftaran, pelamar harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti bahwa ia menjadi peserta SNMPTN.

Untuk tahun 2013 siswa pelamar dapat memilih maksimal 4 pilihan prodi, pada tahun 2014 pilihan telah diperkecil yakni memilih prodi maksimal 3 prodi saja namun tetap dari maksimal 2 PTN. Dari 2 PTN tersebut , 1 pilihan harus satu provinsi dengan asal sekolah. Yang harus diperhatikan adalah urutan pilihan PTN dan prodi menyatakan prioritas pilihan. Untuk tahun 2015 penulis belum mengetahui secara pasti apakah sistem SNMPTN akan sesuai dengan tahun sebelum nya atau memiliki sitem yang baru.

Nah yang terakhir adalah Untuk siswa/siswi pelamar SNMPTN dari keluarga yang kurang mampu, anda dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program yang kita kenal yakni program Bidikmisi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id.

Berikut Penulis sampaikan jadwal lengkap informasi jadwal pendaftaran SNMPTN 2015 : 


Pengisian dan Verifikasi PDSS22 Januari – 12 Maret 2015
Pendaftaran SNMPTN13 Februari – 15 Maret 2015
Periode pencetakan kartu peserta SNMPTN14 April 2015 - 28 April 2015
Proses Seleksi16 Maret – 8 Mei 2015
Pengumuman Hasil Seleksi9 Mei 2015
Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi9 Juni 2015bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2015
* Tahun yang terdapat di Website SNMPTN tertulis 2015, entah itu salah tulis atau pun tidak saya tidak mengetahui nya. 

Bagaimana ? Sudah siapkah anda menyambut SNMPTN 2015 ? Siapkan diri anda dari sekarang sebagai bekal agar kalian yang mendaftar bisa diterima. Sekian tulisan dari saya ini, semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang mencari informasi seputar SNMPTN 2015.

0 comments:

Post a Comment