Apa Yang dimaksud dengan Phising ? Bagaimana Cara Menghindari nya ?

Apa Yang dimaksud dengan Phising ? Bagaimana Cara Menghindari nya ?

Phising adalah kata plesetan dari bahasa Inggris yang memiliki arti memancing. Dalam dunia yang serba terhubung secara elektronik saat ini, istilah phising juga banyak yang mengartikan sebagai suatu cara untuk memancing seseorang ke halaman tertentu dengan harapan mendapatkan data data pribadi oran lain dengan menggunakan email, dan informasi lainnya seperti User ID, Rekening Bank, No kartu Kredit, PIN dan lain lain nya.

Para pelaku (phisers) berusaha memancing atau memperoleh data-data pribadi orang lain dengan menggunakan email dan situs-situs tertentu sebagai umpan. Phising biasanya dilakukan melalui e-mail spoofing atau pesan instan, dan para phiser akan mengarahkan pengguna untuk memasukkan rincian di sebuah website palsu yang tampilan nya hampir sama dengan yang aslinya. Biasa nya tampilan Web Phising sangan mirip dengan website asli nya. Baca Juga ( Cara Membuat Tampilan Facebook Menjadi Flat Design )

Semakin berkembang nya zama maka perkembangan tekhnlogi juga semakin pesat. Terutama tindak kejahatan di media sosial baik berupa Phising, Spaming dan lainnya Tercatat secara global, jumlah penipuan bermodus phising terhitung sejak tahun 2013 melonjak 87% dengan pesat. 

Cara Menghindari Phising 


Kejahatan yang ada didunia MAYA tidak kalah merugikannya dibandingkan dengan kejahatan  didunia NYATA. Kejahatanyang ada di dunia maya ini umumnya dilakukan oleh para hacker yang berusaha mendapatkan keuntungan sepihak dengan menghalalkan segala cara. Kegiatan pencurian informasi ini dilakukan dengan cara seolah-olah berasal dari sumber yang sah seperti Bank, jaringan sosial atau dari Web asli seperti Google yang meminta anda untuk mengisi data-data penting pribadi anda yang dikenal dengan nama PHISING. Para Phiser melakukan cara untuk mengelabui para korban nya agar memberi informasi kepada mereka via email yang meminta calon korban untuk mengambil tindakan secepatnya guna mencegah keterlambatan seperti contoh berikut :
1. Bank kami memiliki sistem keamanan baru, perbaharui informasi anda sekarang atau anda tidak dapat mengakses akun anda.
2. Kami tidak bisa memverifikasi informasi anda, klik disini untuk memperbaharui account anda.

Umumya korban phising tidak menyadari secara langsung bahwa ia telah  memberikan semua informasi yang dibutuhkan untuk membajak rekening nya atau mencuri uang anda atau mungkin melakukan pembelian kredit atas nama anda. Konsep yang dilakukan dibalik serangan ini amatlah sederhana, dimana si phiser akan melakukan penyamaran sebagai orang lain dengan upaya mendapatkan informasi penting pribadi si calon korban termasuk menyamar sebagai instansi perbankan, penyedia applikasi, pedagang online, layanan pembayaran online atau bahkan Pemerintah dengan membuat email palsu yang bisa terlihat sangat meyakinkan.

Ada beberapa langkah yang harus Anda ambil untuk melindungi komputer Anda dari ancaman Hacker nakal saat ini. Dengan Mengikuti petunjuk sederhana yang telah saya tulis di bawah ini akan membantu mengurangi resiko apabila sewaktu waktu kalian menemukan web Phising.

1. Yang Utama, Berhati-hatilah terhadap setiap pesan email yang meminta informasi pribadi anda. Ini sangatlah tidak mungkin apabila bank Anda akan meminta informasi tersebut melalui email. Namun Jika ragu, hubungi mereka untuk mengecek!

2. Jangan melengkapi formulir dalam pesan email yang meminta informasi pribadi. Hanya memasukkan informasi tersebut dengan menggunakan situs Web aman. Periksa apakah URL dimulai dengan 'https://', ​​bukan hanya 'http://'. Cari simbol kunci gembok pada sudut kiri atas dari web browser dan klik dua kali untuk memeriksa keabsahan sertifikat digital. Atau sebagai alternatif, menggunakan telepon untuk melakukan kegiatan bank Anda. Biasanya para phiser membuat URL web mereka semirip mungkin dengan website resminya. Contoh website paypal yang memiliki url www.PayPal.com maka para phiser akan membuat web palsunya menjadi www.PaiPal.com, www.PayyPal.com, www.PayPall.com dan semacam nya.

3. Laporkan segala sesuatu yang berbau mencurigakan kepada bank Anda segera.

4. Jangan menggunakan link dalam pesan email untuk memuat halaman web. Sebaliknya, ketik URL ke browser web Anda.

5. Periksa apakah anti-virus blok program situs phishing, atau pertimbangkan untuk menginstal web browser tool bar yang memberitahu Anda terhadap serangan phishing dikenal.

6. Periksa rekening bank Anda secara teratur (termasuk kartu debet dan kredit, rekening bank, dll), untuk memastikan bahwa transaksi yang terdaftar yang sah.

7. Pastikan bahwa Anda menggunakan versi terbaru dari browser web Anda. Dengan menggunakan versi terbaru, maka Browser akan mengenali source code web phising dan yang bukan web phising.

Dengan melakukan cara diatas setidak nya kita bisa mencegah penyebaran website website Phising yang akan merugikan kita. Bagikan kepada teman anda agar teman teman kalian juga bisa terhindar dari bahaya phising. Semoga artikel tentang Pengetahuan Phising ini dpaaat bermanfaat untuk kita semua.

6 comments

  1. Baru ngerti setelah baca postingan kamu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bermanfaat ya gan.. jadi nambah wawasan orrang nih :D

      Delete
  2. Semacam fake facebooo login ya gan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kurang lebiih semacam itu gan.. fake login lah istilah nya

      Delete