Inilah Passing Grade 10 PTN Terbaik di Indonesia

Inilah Passing Grade 10 PTN Terbaik di Indonesia

Ujian untuk masuk perguruan tinggi nampaknya tidak lama lagi. Memiliki Persiapan yang matang semenjak dini dari para siswa kelas tiga SMA, sangat diperlukan guna mendapatkan hasil yang maksimal dikemudian hari.

Setidaknya kalian bisa memprediksi nilai minimal yang diperlukan untuk memasuki perguruan tinggi idaman. Nah Nilai minimal itulah yang disebut dengan passing grade yang tiap tiap perguruan tinggi angkanya berbeda beda.

Ini disebabkan karena peminat yang ingin masuk ke jurusan tertentu setiap tahun nya berubah-ubah. Nah Berikut ini akan kami sampaikan daftar passing grade ujian masuk 25 perguruan tinggi negeri terbaik 2016.

1. ITB

Institut Teknologi Bandung memiliki ranking 194 di urutan dunia. Lokasinya ada di Jalan Ganesha Kota Bandung. Passing grade-nya Perguruan tinggi ini berada di kisaran angka 66,08% yang mana jurusan favorit pilihan di ITB adalah Teknik elektro dan infomatika. Untuk info lebih lanjut, silahkan Cek akun twitter-nya Resminya di @itbofficial.


2. UGM

Perguruan Tinggi yang memiliki julukan kampus biru ini menempati Ranking nomor 473 di seluruh dunia,. Prodi yang paling di favorit kan adalah akuntansi dan pendidikan dokter dengan perkiraan nilai passing grade nya adalah 62,01%. Kampus UGM ada berada di Kota Gudeg Yogyakarta, tepatnya Jalan Bulaksumur. Jika kalian ingin mendapatkan info lebih lanjut silahkan mengunjungi website resminya adalah ugm.ac.id


3. UI

Universitas Indonesia Menduduki Ranking 473 dari seluruh Universitas yang ada di dunia. Universitas Indonesia berlokasi di daerahkota depok. Jurusan pilihan di UI adalah pendidikan dokter, dan passing grade-nya minimal 61,97%. Akun twitter resmi nya adalah @univ_indonesia


4. UB

Universitas Brawijaya adalah tempatnya mahasiswa yang disebut kera Ngalam. Berada di urutan 829 dunia dengan passing grade 57,24%. Berlokaso di Jalan Veteran, prodi favorit yang paling banyak dicari adalah pendidikan dokter. Pantau kabar terbarunya di @UB_official.


5. UNS

Universitas Sebelas Maret atau UNS sering dianggap kepanjangan dari Universitas Negeri Solo. Kampus ini berada di urutan 894 dunia dan berlokasi di Jalan Ir. Sutami. Prodi yang paling banyak peminatnya adalah masuk ke jurusan Akuntansi. Passing grade-nya ada di kisaran 53,09% dan memiliki akun twitter dengan nama @11MaretUniv.


6. Undip

Kampus Universitas Diponegoro berlokasi di jalan Prof. Sudarto. Perlukalian ketahui Undip terkenal karena memiliki kecantikan mahasiswi Psikologinya, yang juga menjadi jurusan idaman di sini. Passing Grade Undip ada di sekitar angka 48,14%. Dalam level dunia, Undip menempati urutan 986 dunia.  akun twitter resminya adalah @univ_diponegoro.


7. Unpad

Universitas Padjajaran berlokasi di Jalan Dipati Ukur, Bandung. Unpad mengharuskan setiap yang ingin masuk ke sini dengan Passing grade-nya yang diperkirakan 43,33%. Jurusan favorit di sini adalah Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi. Unpad berada di Ranking 998 dunia.


8. IPB

Kampus Institut Pertanian Bogor berada di Jalan Raya Darmaga. Banyak orang mengincar jurusan ilmu pertanian dan gizi di kampus ini. Passing grade-nya adalah 47,23%. Bila kalian ingin info lebih lanjut bisa mengunjungi website resmi nya di  ipb.ac.id.


9. Unair

Unair adalah perguruan tinggi miliki arek suroboyo. Lokasi nya berada di Jalan Mulyorejo Surabaya. Passing grade dari Universitas Airlangga ada di kisaran 45,2% dengan prodi favorit adalah jurusan Akuntansi. Info lebih lanjut ada di unair.ac.id dan @unair_official.


10. Unhas

Kampus yang dikenal Kampusnya para pemberani dari Indonesia bagian timur. Universitas Hasanuddin berlokasi tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Makassar. Passing grade Unhas adalah 43,69% dengan prodi favorit pendidikan dokter. Situs dan akun twitter resminya adalah unhas.ac.id dan @anak_unhas.


Perlu teman-teman pahami, bahwa jurusan favorit bukan berarti jurusan yang terbaik di universitas tersebut. Jurusan favorit adalah jurusan yang paling banyak peminat atau pendaftar pada tahun sebelumnya. Bahkan Bisa jadi malah jurusan favorit suatu perguruan tinggi berbeda dengan jurusan unggulan yang memiliki fasilitas lengkap. Karena itu, kamu wajib untuk memeriksa ulang di situs resmi tiap kampus yang akan kamu masuki.

Diolah dari berbagai sumber

41 comments

  1. info yang menarik yang no 1 ITB bekas amamater saya tp saya ambil D3

    ReplyDelete
  2. mantab-mantab gan,, itu memang yang terbaik gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. diantara banyak nya iniversitas di indonesia nampak nya 10 PTN tersebut mmg yg terbaik

      Delete
  3. kebutulan nih gan ane sekarang kelas 3 sma, pengennya sih masuk Unpad kalo gak IPB, cuman masih ngeraba-raba nilai gan, bantu doa ya gan biar ane bisa diterima disalah satu PTN tersebut hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin gan.. saya juga masih kelas 3 sma, semoga tercapai gan

      Delete
  4. Bagus nih bisa jadi referensi buat yang mau masuk kuliah thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama sama.. semoga bermanfaat buat yang lain..

      Delete
  5. wah kampus ane kgk masuk wahahha

    ReplyDelete
  6. Kampus ane juga gak masuk. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk.. semoga di tahun depan bisa masuk ke jejeran 10 PTN terbaiknya gan

      Delete
  7. Kira kira kampus ranking pertama di dunia apa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kata wikipedia sih Massachusetts Institute of Technology gan rangking 1 nya

      Delete
  8. Replies
    1. wah bener itu gan, terlihat dari passing grade yang ditentukan oleh pihak universitas..

      Delete
  9. ITS gak masuk PTN terbaik gan? soalnya ane di php-in sama ITS :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya gak masuk sepuluh besar gan.. yang sabar gan kalo kena php :v

      Delete
  10. Wah pengen jadi jurusan IT nih :v

    ReplyDelete
  11. Dulu aku pengin banget kuliah, tapi setelah aku udah kerja keinginan itu hilang entah kemana

    ReplyDelete
  12. ITB IS DA BEST !

    ReplyDelete
  13. Bisa jadi referensi untuk milih kuliah nih 2 tahun lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa dipikirkan dengan matang gan

      Delete
  14. Wih kampus ku kok ga msuk ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mungkin tahun depan masuk gan dengan passing grade yang mumpuni untuk mahasiswa baru

      Delete
  15. wih ITB yg nomer 1 mantep tuh, jadi ingin kuliah di ITB nih....

    ReplyDelete
  16. wah jadi kepingin kuliah di undip nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mau ke undip ya mba ? semoga sukses deh kalo gitu hehe

      Delete
  17. thanks gan , ,bisa buat jadi referensi nih gan

    ReplyDelete
  18. Dolo sempet tes di undip gagal. . Hahaha

    ReplyDelete